Kamis, 05 Juli 2018

KEJUJURAN


Sebuah kata yang mempunyai nilai sangat tinggi dalam sebuah hubungan. Namun kata itu mudah diucapkan sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang. Lawan kata dari sebuah kejujuran lebih sering dilakukan demi sebuah gengsi, harga diri dan hubungan dengan masyarakat.Dua kata yang saling bertentangan namun mempunyai dampak yang sangat besar jika dilakukan atau tidak dilakukan.

Kejujuran atau jujur mengesankan suatu kebajikan, kehormatan dan nilai mulianya akhlak seseorang. Ketidak jujuran atau kebohongan sebaliknya mengesankan keburukan, kehinaan dan rendahnya nilai kemuliaan seseorang. Manusia akan merasa bangga jika dikategorikan sebagai sosok yang jujur, akan merasa berbeda yang akan menimbulkan rasa kepercayaan dirinya yang besar. Kebalikan dengan manusia yang di klaim sebagai manusia tidak jujur akan dikucilkan, tidak dihargai atau bahkan di cemooh.

Itulah sebuah kata yang bisa di prediksi oleh masing-masing manusia dominannya akan sama penilain terhadap kata tersebut.

Tetapi pada prakteknya kejujuran adakala membuat manusia kehilangan teman, kehilangan keluarga, kehilangan kepercayaan, dan tersudutkan. Namun Tuhan tidak tidur, dimata Allah segala hal kebaikan tetap kebaikan walau terkadang menyakitkan, itu untuk sementara. Allah akan mengakat derajat seseorang jika apa yang telah dilakukan dalam hidupnya berpedoman pada apa yang diperintahkan Allah SWT dan menjauhi semua larangan Allah SWT.

Seseorang bisa saja tidak jujur demi menjaga nama baik dan kehormatan dirinya di masyarakat istilah jaman sekarang "Pencitraan" atau memakai topeng. Bertahun-tahun lamanya mampu menyimpan kebusukan, yang tertutup rapi dengan gaya dan penampilan yang menarik, menyulam kelakuan dengan begitu manis hingga masyarakat terkagum-kagum.

Sehingga dimata masyarakat kadang kala yang jujur terlihat hina dan yang munafik justru dikagumi, karena sifat manusia pada dasarnya hanya melihat "Kulitnya" saja atau covernya saja tanpa mau mempelajari lebih dalam apa isinya.

Ok, sahabat,..sekian sedikit coretan dari saya malam ini terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar